Sunday, May 6, 2012

Yang Keliru Saat Menurunkan Berat badan

Upaya menurunkan berat badan bisa menjadi urusan yang penuh resiko jika dilakukan dengan asal-asalan. Salah satu resiko menurunkan berat badan tanpa memperhatikan caranya adalah kekurangan gizi. Beberapa yang keliru saat ingin menurunkan berat badan yaitu:


  1. Melaparkan diri, berpuasa selama mungkin, atau merendahkan serendah mungkin asupan kalori.
    1. Mengurangi kalori secara ekstrim memang dapat menurunkan berat badan tetapi juga akan menghilangkan massa otot dan menaikkan resiko kesehatan.
    2. Jangan sampai kalori harian kurang dari 1200. Jika itu terjadi, Anda akan kesulitan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mendapatkan kecukupan energi dan menghilangkan rasa lapar.
    3. Perlu diingat, ketika badan turun dengan sangat cepat, biasanya cenderung untuk naik kembali dengan lebih banyak lemak dan lebih sedikit otot, sehingga akan menurunkan metabolisme dan kebutuhan kalori.
  2. Tergiur suplemen dan pil diet yang dijual bebas.
    1. Janji muluk-muluk bukan suatu jaminan, justru harus dicurigai.
    2. Pil diet di beli bebas atau online, sangat kecil kemungkinan bisa bekerja efektif
    3. Pil diet kelihatan tidak berbahaya, tetapi kita tetap harus waspada.
    4. Kebanyakan pil tersebut hanya berisi kafein dan zat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.
  3. Cleansing dan detoks
    1. Cleansing berbahaya karena menaikkan resiko terkena dehidrasi dan mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh..
    2. Kehilangan banyak cairan tanpa pengawasan medis sangat berbahaya, apalagi jika digabung dengan melaparkan diri.
    3. Jadi, dari pada melakukan detoksifikasi lebih baik perhatikan makanan apa saja yang Anda makan sehari-hari.
    4. Jika ingin melakukan detoksifikasi secara alami, minumlah banyak air putih, atau makan makanan yang berserat.
  4. Mengeluarkan makanan dengan paksa
    1. Hati-hati bila ada yang mulai memuntahkan makanan, mengunyah (belum ditelan), kemudian mengeluarkan lagi dan memakai obat pencahar berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan kanker dan pembusukan gigi.
    2. Dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak cairan. Akibatnya, tubuh mengalami dehidrasi serius.
  5. Kecanduan olah raga
    1. Olah raga memang bagus untuk tubuh. Namun jika dilakukan berlebihan dapat menyebabkan tubuh kelelahan, resiko cedera meningkat, dan dehidrasi.
    2. The American Academy of Sports Medinice dan American Heart Assocation menyarankan berolahragalah 30 menit/hari selama 5x sepekan. Bisa juga 20 menit/hari selama 3x sepakan dengan latihan kardio intensif.
  6. Merokok sebagai strategi menurunkan berat badan.
    1. Walaupun sudah larangan merokok tetapi masih banyak yang memakai rokok sebagai alat untuk menurunkan berat badan. 
    2. Nikotin sudah terbukti menjadi salah satu menghilang nafsu makan, meski resiko merokok melebihi semua manfaat yang bisa saja timbul dari kebiasaan buruk ini

1 comment:

  1. bos2,masih aja ngomongin punk apa guyananna kamu tahu seluruh band punk,hafal lagu dan liriknya?apa gunanya kamu nyetreet sampai bertahun2 untuk keliling dunia?apa guyananna kamu baca 1000 newsletter?tp gak tahu punk punk itu dirimu dan hidupmu .punk adalah kebebasan mutlak yang ada pada hidupmu tanpa aturan apapun .Di dalam punk itu tak ada aturan tidak ada aturan seorang punk harus tahu asal usul terbentuknya punk,tahu semua band punk,hafal lagu sex pistol ampe band2lokal .tetapi,alangkah baiknya kalau tahu .tidak ada aturan yang berbunyi seseorang itu hidup di jalan harus 1 tahun baru di sebut punk dan seorang yang berada di rumah bukan punk tetapi kita tahu dan pernah menjalani kehidupan selayaknya orang2 tertindas,orang2 yang kita perjuangkan tidak ada aturan punk harus berontak menentang orang tua,keluarga,guru(yang sekolah),tetangga dalam lingkup masyarakat bersikaplah dewasa teman2ku,(dunia tak bisa penuhi segala keinginanmu tetapi dirimu bisa membantu dan mewujudkan keinginan dunia)tidak ada aturan seorang punk harus minum minuman keras,tiap malem ngentot,make obat,ngelem,lahap mushroom,daun kecubung dan ganja,make putao ataupun sabu seorang punk ibadahpun boleh,seneng sekolah atau belajarpun boleh tak ada aturan yang mengikat punk!!!!

    ReplyDelete